Gallery

Inilah Alasan Kenapa Anda Harus ke Aceh

Inilah Beberapa Alasan Kenapa anda harus ke Aceh?

Oleh : Martunis Hamka

Di luar,  Aceh dikenal dengan Syariat Islamnya. Atau Mesjid Raya Baiturrahman. Ada juga yang mengidentikkan Aceh dengan tsunami.
Melalui tulisan ini anda akan sedikit lebih dekat dengan Aceh.
Berikut beberapa alasan kenapa anda harus ke Aceh.
1. Syariat islam
Wilayah Aceh diberikan keistimewaan untuk menerapkan syariat islam, Jangan heran ketika anda disuguhkan pemandangan dimana semua wanita menutup aurat.
Hukum cambuk bagi penzina dan khalwat.
Walaupun esensi syariat belum diterapkan secara totalitas,  namun tampilan Aceh sudah cukup menyejukkan hati.

2. Mesjid Raya Baiturrahman
Jika ada sebuah tempat yang ingin anda kunjungi jika datang ke Aceh,  maka itu adalah Mesjid Raya Baiturrahman.
Mesjid ini adalah situs lintas sejarah,  sudah ada semenjak masa kesultanan. Termasuk salah satu mesjid terindah di dunia.
Mesjid kebanggaan orang Aceh, Mesjid yang tetap berdiri tegak setelah tragedi penghangusan oleh kolonial belanda pada tahun 1873 dan hantaman tsunami 2004 yang merobohkan ribuan bangunan lainnya. Mungkin Allah ingin mengingatkan kita bahwa kita punya nilai sejarah Islam yang seharusnya kita jadikan pedoman untuk terus memperkokoh derajat Islam di bumi Teuku Umar ini.

Pada tahun 2015 Pemerintah daerah mengucurkan 458 miliyar untuk merenovasi Mesjid Raya Baiturrahman.
Saat ini, tahun 2018, tampilan mesjid ini sudah bernuansa mesjid Nabawi.
Yuk ke Mesjid Aceh, tapi niatnya buat shalat dan tafakkur ya, bukan selfie :D

3. Kota Santri

Jika anda pernah menyebut garut sebagai kota santri, itu benar. Dan juga tidak salah jika Aceh mendapatkan label ini. Anda akan menemukan ribuan Pesantren baik salafi ataupun Pesantren terpadu. Orang berpeci dan berjilbab panjang tidak sulit ditemukan disini.
Statistik jumlah santri tanah ulama ini meningkat drastis. Lebih-lebih perhatian pemerintah dan swadaya masyarakat terhadap Pesantren menjadi kekuatan tersendiri bagi pesantren untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas.
Oh ya, di Aceh,  Ustadz2 itu dibeli loh buat jadi menantu hehehe

4. Negeri aman

Maksud saya, kerbau tak perlu dikurung, kambing tak perlu dijaga, kendaraan tak perlu digembok, rumah2 tidak ada yang pakek security.
Memang sih itu tidak mutlak, namun persentase kehilangan harta benda masih dapat dibilang dibawah 10%.
Ada nih Ayah teman saya dari bogor datang ke Aceh, "loh itu kerbau kok berkeliaran di jalan? Gak takut dicuri?" tanyanya heran. "Gak sanggup diangkat, pak,  berat," jawab teman saya dengan nada bergurau.

5. Objek Wisata Natural
Kebayang tidak berada dibawah air terjun atau hutan raya dengan stok oksigen yang lebih dari cukup? Jika anda pernah menonton film silvester stallon "blood war", maka imajinasi anda sudah berada di negeri nan asri ini,  Aceh.
Anda pernah mendengar gunung leuser?
Itu letaknya di Aceh loh.
Leuser memiliki keanekaragaman hayati bernilai tinggi (high biodiversity values). Keberadaan biodiversity tersebut sifatnya sangat esensial dalam rangka menunjang keberlanjutan kehidupan di bumi. Ragam biodiversity kawasan hutan Leuser akhirnya menghantarkan TNGL mendapat predikat “Situs Warisan Dunia (Tropical Rainforest Heritage of Sumatera)” oleh komite warisan dunia, UNESCO pada 2004.
Perlu anda ketahui,  di Aceh masih sangat banyak adik-adik leuser yang tidak terekspost media dengan sempurna.

Namun sayangnya, sebagian kawasan hutan dekat pemukiman warga sudah ditebang untuk dijadikan perkebunan sawit yang memungkin menjadi penyebab terjadinya banjir, longsor,  dan pemanasan global. Sawit termasuk tanaman monokotil yang memproduksi jumlah oksigen rendah. Jadi,  kawasan pemukiman kayak ada panas-panasnya gitu heheh

Nah itulah beberapa alasan kenapa anda harus ke Aceh.  Sebenarnya masih banyak sekali yang ingin saya ceritakan dan harus anda tau tentang Aceh tercinta ini. In syaa Allah di lain kesempatan saya akan coba share kembali.

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Anda Harus ke Aceh"

Post a Comment

wdcfawqafwef